Tahukah Anda Kelebihan Rem Cakram Vs Rem Tromol



Saat ini sudah banyak motor Honda yang dilengkapi dengan rem cakram. Akan tetapi dari pengalaman kami banyak dari Bapak & Ibu yang belum mengerti akan kelebihan rem cakram ini dibandingkan dengan rem tromol.

Lihat saja dibawah ini adalah motor Honda yang saat ini telah dilengkapi dengan rem cakram :
  • Honda Blade (varian tertentu)
  • Honda Supra X 125 (varian tertentu)
  • Honda Verza
  • Honda New Mega Pro
  • Honda CB150R StreetFire
Dan berikut ini adalah motor Honda yang masih menggunakan rem tromol.
  • Honda Revo

Pengertian Rem Cakram Dan Rem Tromol

Sebelum kita mengetahui pengertian rem cakram dan rem tromol, sebaiknya kita mngetahui terlebih dahulu pengertian rem.

Rem adalah suatu peranti untuk memperlambat atau menghentikan gerakan roda, secara otomatis gerak kendaraan menjadi pelan. Energi kinetik yang hilang dari benda yang bergerak ini biasanya diubah menjadi panas karena gesekan.

Pada dasarnya ada 2 jenis rem yang umumnya digunakan pada motor yaitu :

Rem Cakram (Disk Brake) 

Rem Cakram adalah rem yang bekerja atas dasar menjepit cakram (disk) yang dipasangkan pada roda kendaraan, pengereman untuk menjepit cakram digunakan caliper yang digerakkan oleh piston untuk mendorong sepatu rem (brake pads) ke cakram.

Rem Tromol (Drum Brake)

Rem tromol adalah rem yang bekerja atas dasar gesekan antara kampas rem dengan tromol (drum) yang ikut berputar dengan putaran roda kendaraan, sehingga diharapkan dapat mengurangi laju motor secara perlahan.
Berikut adalah gambar dari rem cakram dan rem tromol
Rem cakram (sebelah kiri) Dan rem tromol (sebelah kanan)

Perbandingan Rem Cakram dan Rem Tromol

Berikut ini adalah tabel perbandingan antara rem tromol dan rem cakram:
Rem Cakram (Disk Brake) Rem Tromol (Drum Brake)
Tidak perlu menginjak rem terlalu keras karena dibantu oleh fluida (hidrolis) untuk menggerakkan piston yang mendorong kampas rem. Lebih berat karena murni tenaga manual untuk menginjak rem.
Kampas tidak cepat panas (memiliki pelepasan panas yang lebih baik) Lebih cepat panas (minim pembuangan panas)
Hasil pengereman dapat mencapai 100% (karena menggunakan prinsip “menjepit”) Daya pengereman maksimal hanya sekitar 70% (karena kampas rem tidak seluruhnya menempel pada tromol roda)
Durabilitas lebih baik (pada jalan menurun) Rem tidak pakem saat banjir (karena perangkat rem dipenuhi air)
Daya pengereman lebih bergantung kepada lebar cakram dan kekuatan piston Permukaan gesek yang lebih lebar dengan kinerja pengereman yang lebih lembut
Konstruksinya dan sistem pengeremannya terbuka (kaliper berpotensi ditumpuki kotoran yang mengeras dan dapat merusak cakram) Konstruksi tertutup (kampas tidak gampang rusak terkena kotoran dari luar)

Kesimpulan

Dari perbandingan diatas kita dapat melihat bahwa rem cakram lebih baik dibandingkan dengan rem tromol. Dengan kelebihan tersebut tentu kita bisa maklum bahwa motor dengan rem cakram akan dibandrol dengan harga sedikit lebih mahal.

Jadi pastikan tipe rem yang digunakan pada motor yang Bapak Ibu minati yah.

Nah masih bingung perbedaan rem cakram dan tromol ? Atau anda memiliki pendapat perihal kedua jenis rem ini. Tuliskan di kolom komentar dibawah yah.

 NB:
Jika artikel ini bermanfaat untuk anda, silahkan share, barang kali banyak orang, teman, kerabat anda membutuhkan informasi ini.

Salam satu hati
Terima kasih 
Share on Google Plus

About Grosir Ilcham

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar